Piranhamas

Aku sudah rencanakan bermalam di Kota Malang. Pasalnya, Aku pasti akan jalani malam ini hingga larut malam. Sekitar Isya, Aku sudah berkumpul dengan Arlingga dan Yoshep di kediaman Atho. Malam ini kami punya janji bertemu dengan seseorang yang berprofesi di bidang internet marketing. Kami berharap akan mendapat sebuah motifasi dan pandangan tentang apa itu internet marketing. Dari Arlinggalah kami bisa mengenal dan mengadakan janji yang akan kami lunasi malam ini. Arlingga mengenalnya saat ada kegiatan KOPDAR (kopi darat) untuk para blogger Kota Malang. Kala itu, orang yang sama yang akan kami temui malam ini adalah perbicara sekaligus penggagas acara.

Pukul. 7.30. Kami tiba disebuah rumah yang berada hampir di ujung gang ini. Rumahnya cukup sulit untuk dijangkau oleh kendaraan besar. Namun untungnya ada sebuah tanah lapang di samping rumahnya yang bisa digunakan untuk memparkir mobil.

Tok..tok..tok....
Kami dengan sebuah bolpoin dan kertas diamsing-masing tangan kanan kiri. Terlihat semangat itu dari mata kami yng seakan ingin melahap apapun yang akan dikisahkannya. Tak lama kemudian, seorang perempuan setengah baya yang mungkin dia adalah istrinya membukakan pintu kayu yang cukup tinggi. Sepertinya dia membawa kabar buruk bagi kami. Semua itu terlihat dari sorot matanya. Dan ternyata benar, dia seakan membawa bongkahan - bongkahan es yang membuat kami tak bisa melahapnya. Mungkin satupun tidak. Yang kami inginkan tidak ada. Dia tak ada dikediamannya.

Kami tak berputus asa. Tak segera kami tinggalkan tempat ini. Kami berempat duduk di kursi beranda yang berbentuk setengah lingkaran. Seraya berdiskusi tentang langkah apa yang akan kami tempuh kemudian. Salah seorang dari kami memberi saran agar Arlingga agar menghubungi via sms kepadanya. Karena ini adalah sebuah janji dan kami yakin dia bukan tipe orang yang suka asal janji.

Semenit kemudian sms dilayangkan padanya. Harapan kami masih sedikit ada meski kenyataan bahwa orang yang sangat ingin kami serap ilmunya sedang di Surabaya.

Kring...kring...
Hp Arlingga berteriakmenggugah harapan kami yang melayang-layang tanpa kejelasan. Dalam percakapan itu disebutkan bahwa dia sudah berada di Kota Malang, tepatnya di Pulosari. Kami dimohon untuk menunggunya.

Senyuman kecil tersirat dalam harapan yang mulai bisa tertangkap wajah. Kami mulai menemukan titik terang. Hampir 30 menit kami saling mengobrol. Awalnya kami menunggu diberanda, namun sesaat kemudian istrinya mempersilakan kami untuk duduk diruang tamu sambil menyeduh hangatnya teh.

Nggrung...nggrungg...
Terdengar suara mobil yang berhenti didepan rumah ini. Kami yakin pasti itu adalah dia. Karena jalan ini berujung. Dan memang benar itu adalah dia, orang yang kami cari, Agus Setiawan.

Tanpa banyak membuang waktu, dia langsung kepokok pembicaraan. Dia siapkan laptop dan sejumlah map yang berisi dokumen serta sebuah cd tutorial. Cd itu bertuliskan ISO dengan cover barwarna orange coklat. Dia langsung memberikan kami sebuah tugas atau bisa juga disebuat job career. Dia meminta kami untuk menjual dan mengenalkan produk buatannya yang tak lain adalah cd tadi lewat internet.

Awalnya kami sempat kaget. Sebenarnya bukan ini yang kami inginkan. Memang ini adalah internet marketing, tapi yang kami butuhnya adalah apa itu internet marketing. Bahkan job ini tak banyak mengguanak skill, hanya mengirim email dan email.

Sepertinya dia melihat ada rasa enggan dalam hati kami. Dia pelan-pelan mulai meyakinkan kami bahwa ini adalah benar dan menguntungkan. Dia tunjukkan fakta-fakta tentang hasil bisnis yang dia jalani sekarang. Mulai dari bukti data orang yang pesan cd tutorial buatannya hingga pemaparan setoran dari konsumen via bank. Sampai-sampai buku tabungannya berjumlah lebih dari 13 buku karena banyaknya tansaksi bank.

Kami terkejut kagum padanya. dalam pikiran kami terbesit bagaiman dia bisa melakukan itu. Pendapatan lebih dari 6 juta hanya dengan bermain blog dan email. Dia melanjutkan ceritanya. Tentang sebuah perjalanan karirnya. Awalnya dia memiliki blog dengan membayar seseorang untuk membuatnya. Dia tak memiliki kemampuan di bidang IT. Namun dia mengerti benar tentang cara menjual dirinya. Dia mulai kelola dan membuat sebuah toko online yang sebenarnya sangat bertentangan dengan apa yang namanya blog. Tapi dia tanamkan dirinya sebagai raja gratisan.(www.piranhamas.wordpress.com) Jadi dia tak ingin membuat sebuah domain berbayar untuk bisnisnya.

Mulai dia kirim sebuah email ke semua orang. Mungkin bisa lebih dikatakan sebagai spam. karena emailnya dikirim kebanyak orang, tulisannya panjang lebar dan banyak link yang terselip di emailnya. Email yang dituju bukan email sembarangan. Dia ambil email-email yang sekiranya sesuai target pemasaran. dia cari di yahoo group. Kemungkian ini lebih besar daripada mengirim ke email yang acak. Ini adalah salah satu strategi marketing.

Tak sampai disitu. Dia berani keluar dari pakem cara transaksi internet marketing. Pertama, terkenal dengan istilah BDBB, Barang Duluan Bayar Belakangan. Kedua, dia berani untuk memberi konfirmasi bahwa uangnya sudah dia terima meskipun dia belum mengecek tabungannya. Ketiga, dia menerima keluhan apapun mengenai barangnya, dan dia langsung akan mengirim lagi untuk mengganti cd yang rusak. dan yang terakhir, dia menerima semua pertanyaan secara online 24 jam. Ini adalah strategi yang sangat berani. tapi iniliah Indonesia, terutaman Jawa. Semakin orang di enakkan, semakin mudah dia untuk diambil hatinya.

Kami mulai tertarik dan ingin lebih tahu tentang strategi - strategi internet marketing. ternyata baru kami sadari kalau dia tak hanya memberikan kami kail. Namun ikan dan danaunya juga dia siapkan untuk kami.

8 komentar teman:

Agus Setiyawan 24 Maret 2009 03.21  

Terima kasih banyak atas ulasannya tentang saya, sekali lagi terima kasih.

Semoga anda juga bisa sukses seperti saya, dan jika membutuhkan bimbingan selanjutnya silahkan menghubungi kami.

Agus Setiyawan, 081 333 841183, 0341 5455330

Hendra Setyobudi 26 Mei 2009 03.26  

Wah ternyata Mas Agus Setyawan di review juga ya disini.

Selamat Mas Agus semoga internet marketer indonesia tambah banyak dan maju,

dan yang paling penting dapat uang banyak dari internet hehehe

abdul 9 April 2010 10.57  

mas agus memang luar biasa. q sekali ketemu beliau di ea surabaya waktu di politeknik indonesia. narovo mas agus bravo indonesia!!!!!!!!!!!!

jihan ariya 31 Juli 2010 21.42  

luar biasa,..:D
saya mau coba metode bapak.
mohon bimbinganya pak.

FB : wiyana_aj@yahoo.com
085746319610

NUNO BAND 10 Oktober 2010 00.57  

blognya piranhamas.wordpress.com sudah di banned

Sandal Hamur 14 Juli 2011 05.51  

wah pak agus emang top..

Wahyu Permadi 5 Agustus 2011 00.01  

hmm...
hanya bisa bilang
kren abisss...!

pesan jaket online 29 November 2012 17.24  

super sekali masbroo... sukses selalu

Posting Komentar

Komentar Teman



Buatan tulisan tangan


Masukkan Code ini K1-1C5CED-F
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com