Perencanaan Keuangan oleh Safir Senduk

Safir Senduk adalah seorang Perencana Keuangan. Ia mendirikan Safir Senduk & Rekan pada awal tahun 1998, Safir menempuh pendidikan formalnya di STIE I/BMI Jakarta, sementara ilmu perencanaan keuangan-nya sendiri ia dapat secara otodidak selama empat tahun. Sejak September 1999, ia menulis sejumlah buku yang tergabung dalam Seri Perencanaan Keuangan Keluarga, yang merupakan seri buku pertama di Indonesia dalam bidang perencanaan keuangan. Sejak tahun 2000, Safir juga menjadi pembicara publik dengan seringnya ia diundang untuk berbicara di berbagai seminar, pelatihan dan sejumlah acara di televisi serta radio. Pada pertengahan tahun yang sama, ia mendirikan dan membangun situs www.perencanakeuangan.com, yang sampai saat ini menjadi situs terlengkap di Indonesia mengenai perencanaan keuangan. (sumber : www.perencanakeuangan.com).

A Mild, mempersembahkan acara yang berjatuk Stay Ahead dengan point khusus See Your Option Clearly. Disini Menghadirkan Safir Senduk sebagai pembicara yang memang telah diakui kepiawaiannya dalam hal perencanaan keuangan. Hampir sebagian besar yang menghadiri acara ini adalah mahasiswa. Memang tema acara ini adalah memberi gambaran dan beberapa pilihan pada mahasiswa setelah lulus kuliah. Safir membaginya menjadi tiga kategori, 1. Kuliah lagi, 2. Menjadi pegawai Kantoran, 3. Berwirausaha. Apapun pilihannya, semua itu bisa menuntun kita menjadi seorang yang kaya. Dalam hal ini kaya bukan berarti punya segalanya. Namun lebih bisa dan bijak dalam membagi antara pengeluaran, barang konsumtif dan harta produktif. Jadi apapun pilihan kita, yang penting adalah bertanggungjawab terhadap apa yang sudah kita pilih.

Jika kamu lebih memilih untuk melanjutkan kuliah, sebaiknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
1.Kamu harus memiliki persiapan dana.
2.Memiliki persiapan uang saku, terutama jika ingin melanjutkan study abroad.
3.Belajar hemat.

Jika kamu lebih suka untuk menjadi pegawai kantoran, juga ada beberapa hal yang perlu ditelaah terlebih dahulu.
1.Jangan hidup boros.
2.Harus ada yang bisa ditabung.
3.Jangan terjebak oleh hutang.

Jika kamu ternyata memilih usaha sendiri atau wirausahawan yang memang sekarang ini sedang booming-boomingnya, kamu juga harus memperhatikan hal-hal berikut.
1.Pisahkan antara keuangan pribadi dengan keuangan usaha.
2.Kuatkan dikonsep. Kalau bisa lebih memilih sesuatu yang masih jarang digeluti orang.
3.Besar kecilnya omset usaha kamu.

Selain itu, Safir juga memberikan beberapa jenis usaha yang tidak membutuhkan dana besar.
1.Usaha yang dapat diminta DPnya dulu : Katering, Konveksi, Percetakan.
2.Usaha bisnis jasa perantara : Makelar.
3.Usaha jasa : Panti pijat.
4.Usaha dagang dengan sistem konsinasi : Berdagang baju, Hp.
5. Usaha dengan modal keahlian.

Dalam sebuah penelitian, telah dibuktikan bahwa banyak orang yang sukses karena memiliki pengalaman dan keahlian dan disusul dengan karena hobi.

Dalam akhir kata penutupan, Safir memberikan sebuah kata-kata yang menggugah kita untuk tidak terus menyalahkan keadaan jikalau kita berada dalam keadaan yang kurang berkenan dihati kita.
"Kalau Anda lahir dalam keadaan miskin itu bukan salah Anda, tapi jika Anda mati dalam keadaan miskin, itu jelas salah Anda."

Bantengan Nuswantara 2009

Bantengan Nuswantara. Sebuah acara yang unik yang mengedepankan tradisional dan budaya. Dari judul namanya, sudah dapat dipastikan even ini bertujuan untuk lebih mengenalkan budaya "Bantengan".

Dalam pertunjukkan Bantengan, ditampilkan tiga ekor hewan yang menjadi ciri khas Bantengan, yaitu banteng, macan dan kera. Macan adalah salah satu hewan yang merupakan musuh bebuyutan banteng. Kera tersendiri, adalah sesosok yang suka mengadu domba banteng dan macan. Sehingga dalam setiap evennya, terjadi sebuah pergelutan antara banteng dan macan yang ditengarahi oleh hasutan dari kera.

Bantengan sendiri sangat erat dengan sebuah kemistisan. Bukan hal yang aneh dan patut di dipertanyakan, jika dalam sebuah pertunjukkan bantengan, ada satu dua atau lebih pemain bantengan yang bergerak diluar kesadaran pemain. Hal itu merupakan keunikan tersendiri yang dibawa oleh Bantengan.

8 Maret 2009, Kota Batu mengadakan sebuah perhelatan yang banyak menarik pandangan orang untuk menyaksikannya. Merupakan sebuah perwujudan untuk melestarikan budaya yang hampir hilang termakan budaya luar. Semoga ini bisa menjadi tonggak awal untuk lebih memajukan budaya Indonesia terutama Jawa Timur pada tahun 2009.

Selain itu, ada sebuah hal yang kurang banyak dilakukan oleh kebanyakan acara atau perhelatan yang selama ini diadakan. Tak lain adalah diikutkannya lomba fotografi untuk lebih memeriahkan acara tersebut. Sebuah hal yang selama ini kurang diperhatikan, namun saat mulai diikutkannya (para fotografer) untuk lebih mewarnai acara yang diadakan, ternyata telah membawa nilai plus untuk acara tersebut. Selamat dan Sukses.

Piranhamas

Aku sudah rencanakan bermalam di Kota Malang. Pasalnya, Aku pasti akan jalani malam ini hingga larut malam. Sekitar Isya, Aku sudah berkumpul dengan Arlingga dan Yoshep di kediaman Atho. Malam ini kami punya janji bertemu dengan seseorang yang berprofesi di bidang internet marketing. Kami berharap akan mendapat sebuah motifasi dan pandangan tentang apa itu internet marketing. Dari Arlinggalah kami bisa mengenal dan mengadakan janji yang akan kami lunasi malam ini. Arlingga mengenalnya saat ada kegiatan KOPDAR (kopi darat) untuk para blogger Kota Malang. Kala itu, orang yang sama yang akan kami temui malam ini adalah perbicara sekaligus penggagas acara.

Pukul. 7.30. Kami tiba disebuah rumah yang berada hampir di ujung gang ini. Rumahnya cukup sulit untuk dijangkau oleh kendaraan besar. Namun untungnya ada sebuah tanah lapang di samping rumahnya yang bisa digunakan untuk memparkir mobil.

Tok..tok..tok....
Kami dengan sebuah bolpoin dan kertas diamsing-masing tangan kanan kiri. Terlihat semangat itu dari mata kami yng seakan ingin melahap apapun yang akan dikisahkannya. Tak lama kemudian, seorang perempuan setengah baya yang mungkin dia adalah istrinya membukakan pintu kayu yang cukup tinggi. Sepertinya dia membawa kabar buruk bagi kami. Semua itu terlihat dari sorot matanya. Dan ternyata benar, dia seakan membawa bongkahan - bongkahan es yang membuat kami tak bisa melahapnya. Mungkin satupun tidak. Yang kami inginkan tidak ada. Dia tak ada dikediamannya.

Kami tak berputus asa. Tak segera kami tinggalkan tempat ini. Kami berempat duduk di kursi beranda yang berbentuk setengah lingkaran. Seraya berdiskusi tentang langkah apa yang akan kami tempuh kemudian. Salah seorang dari kami memberi saran agar Arlingga agar menghubungi via sms kepadanya. Karena ini adalah sebuah janji dan kami yakin dia bukan tipe orang yang suka asal janji.

Semenit kemudian sms dilayangkan padanya. Harapan kami masih sedikit ada meski kenyataan bahwa orang yang sangat ingin kami serap ilmunya sedang di Surabaya.

Kring...kring...
Hp Arlingga berteriakmenggugah harapan kami yang melayang-layang tanpa kejelasan. Dalam percakapan itu disebutkan bahwa dia sudah berada di Kota Malang, tepatnya di Pulosari. Kami dimohon untuk menunggunya.

Senyuman kecil tersirat dalam harapan yang mulai bisa tertangkap wajah. Kami mulai menemukan titik terang. Hampir 30 menit kami saling mengobrol. Awalnya kami menunggu diberanda, namun sesaat kemudian istrinya mempersilakan kami untuk duduk diruang tamu sambil menyeduh hangatnya teh.

Nggrung...nggrungg...
Terdengar suara mobil yang berhenti didepan rumah ini. Kami yakin pasti itu adalah dia. Karena jalan ini berujung. Dan memang benar itu adalah dia, orang yang kami cari, Agus Setiawan.

Tanpa banyak membuang waktu, dia langsung kepokok pembicaraan. Dia siapkan laptop dan sejumlah map yang berisi dokumen serta sebuah cd tutorial. Cd itu bertuliskan ISO dengan cover barwarna orange coklat. Dia langsung memberikan kami sebuah tugas atau bisa juga disebuat job career. Dia meminta kami untuk menjual dan mengenalkan produk buatannya yang tak lain adalah cd tadi lewat internet.

Awalnya kami sempat kaget. Sebenarnya bukan ini yang kami inginkan. Memang ini adalah internet marketing, tapi yang kami butuhnya adalah apa itu internet marketing. Bahkan job ini tak banyak mengguanak skill, hanya mengirim email dan email.

Sepertinya dia melihat ada rasa enggan dalam hati kami. Dia pelan-pelan mulai meyakinkan kami bahwa ini adalah benar dan menguntungkan. Dia tunjukkan fakta-fakta tentang hasil bisnis yang dia jalani sekarang. Mulai dari bukti data orang yang pesan cd tutorial buatannya hingga pemaparan setoran dari konsumen via bank. Sampai-sampai buku tabungannya berjumlah lebih dari 13 buku karena banyaknya tansaksi bank.

Kami terkejut kagum padanya. dalam pikiran kami terbesit bagaiman dia bisa melakukan itu. Pendapatan lebih dari 6 juta hanya dengan bermain blog dan email. Dia melanjutkan ceritanya. Tentang sebuah perjalanan karirnya. Awalnya dia memiliki blog dengan membayar seseorang untuk membuatnya. Dia tak memiliki kemampuan di bidang IT. Namun dia mengerti benar tentang cara menjual dirinya. Dia mulai kelola dan membuat sebuah toko online yang sebenarnya sangat bertentangan dengan apa yang namanya blog. Tapi dia tanamkan dirinya sebagai raja gratisan.(www.piranhamas.wordpress.com) Jadi dia tak ingin membuat sebuah domain berbayar untuk bisnisnya.

Mulai dia kirim sebuah email ke semua orang. Mungkin bisa lebih dikatakan sebagai spam. karena emailnya dikirim kebanyak orang, tulisannya panjang lebar dan banyak link yang terselip di emailnya. Email yang dituju bukan email sembarangan. Dia ambil email-email yang sekiranya sesuai target pemasaran. dia cari di yahoo group. Kemungkian ini lebih besar daripada mengirim ke email yang acak. Ini adalah salah satu strategi marketing.

Tak sampai disitu. Dia berani keluar dari pakem cara transaksi internet marketing. Pertama, terkenal dengan istilah BDBB, Barang Duluan Bayar Belakangan. Kedua, dia berani untuk memberi konfirmasi bahwa uangnya sudah dia terima meskipun dia belum mengecek tabungannya. Ketiga, dia menerima keluhan apapun mengenai barangnya, dan dia langsung akan mengirim lagi untuk mengganti cd yang rusak. dan yang terakhir, dia menerima semua pertanyaan secara online 24 jam. Ini adalah strategi yang sangat berani. tapi iniliah Indonesia, terutaman Jawa. Semakin orang di enakkan, semakin mudah dia untuk diambil hatinya.

Kami mulai tertarik dan ingin lebih tahu tentang strategi - strategi internet marketing. ternyata baru kami sadari kalau dia tak hanya memberikan kami kail. Namun ikan dan danaunya juga dia siapkan untuk kami.

Komentar Teman



Buatan tulisan tangan


Masukkan Code ini K1-1C5CED-F
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com